HMP 2020/2021

STRUKTUR KEPENGURUSAN HMP GOLDEN AGE

2020/2021


WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH 2021

Di kalangan mahasiswa, karya ilmiah merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa. Banyak karya ilmiah yang kreatif dan inovatif yang dihasilkan oleh para mahasiswa. Namun tidak semua mahasiswa bersedia untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Kebanyakan mahasiswa kurang tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah tersebut. Salah satu alasannya karena sebagian dari mereka menganggap terlalu rumit untuk membuat sebuah karya ilmiah. Selain itu sejumlah mahasiswa masih belum mengetahui bagaimana cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar.

Dalam rangka memperkenalkan dan mengajarkan cara penulisan karya tulis ilmiah serta mengajak mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Jember agar lebih tertarik dalam penulisan karya ilmiah. HMP Golden Age berinisiatif untuk memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah yang dilaksanakan pada 10 dan 24 April 2021 dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa Angkatan 2019 Prodi PG PAUD FKIP Universitas Jember, selanjutnya mahasiswa dibimbing untuk membuat karya tulis yang diharapkan mampu untuk mengikuti event-event penulisan karya tulis ilmiah yang diadakan baik dari tingkat Fakultas, Universitas, Nasional maupun Internasional. 

Dalam kegiatan ini, HMP Golden Age mengundang Ibu Dr. Bea Hana Siswati., S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri dalam kegiatan ini yang membahas materi sebagai berikut:

Pemaparan Materi 1 meliputi:

  • Penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari karya tulis ilmiah
  • Penjelasan seputar PKM dan bidang-bidangnya
  • Tata cara penulisan karya tulis ilmiah sesuai pedoman PKM 2021
  • Topik-topik yang dapat diangkat sebagai bahan membuat karya tulis

Pemaparan Materi 2 meliputi:

  • Pembahasan alur seleksi dari tingkat universitas-PKM Raya
  • Tips dan Trik agar karya tulis setidaknya dapat lolos di tingkat universitas sampai dapat didanai

Selain itu HMP juga bekerja sama dengan Ibu Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.Pd. dan Ibu Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. sebagai juri yang bertugas menyeleksi hasil karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menentukan juara.