2021

WEBINAR PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Journal of Early Childhood Education (JECER) merupakan jurnal milik Prodi PG PAUD FKIP Universitas Jember. Melihat kondisi mahasiswa yang banyak mengalami kesulitan dalam proses pembuatan artikel pada jurnal ilmiah, JECER berinisiatif mengadakan sebuah Webinar Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah sebagai bekal bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat publikasi ilmiah pada tanggal 28 Oktober 2021. JECER berkolaborasi dengan tiga narasumber yang ahli di bidang publikasi ilmiah yaitu sebagai berikut:

  • Ibu Dwi Puji Lestari, M.Pd. (Dosen STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah) membahas mengenai penulisan artikel layak publikasi
  • Bapak Bekti Maryuni Susanto, S.Pd.T., M.Kom (Dosen Politeknik Negeri Jember) membahas mengenai sistem akreditasi jurnal penelitian
  • Bapak Ery Setiyawan Jullev Atmadji, S.Kom., M.Cs. (Dosen Politeknik Negeri Jember) membahas mengenai manajemen referensi.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh mahasiswa Prodi PG PAUD Universitas Jember mulai dari Angkatan 2017-2021 serta peserta umum. Narasumber menjelaskan berbagai tips maupun teknik dalam proses penulisan jurnal ilmiah agar terhindar dari plagiarisme, kelayakan publikasi, penulisan referensi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta tidak lagi mengalami kesulitan dalam proses penulisan jurnal ilmiah. Tentunya dalam mewujudkan harapan tersebut dibutuhkan wawasan yang luas dalam membaca berbagai artikel yang tersedia serta kemauan untuk selalu mencoba dan meningkatkan potensi diri.