Secara umum kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PGPAUD  berjalan sesuai dengan rencana. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir kegiatan. Pelatihan ini menunjukan  bahwa kegiatan pengembangan hardskill mahasiswa berbasis ketrampilan berbahasa Inggris perlu dilaksanakan karena tuntutan dunia kerja dan perkembangan zaman. Beberapa fakta yang lain adalah Indonesia telah menandatangani keanggotaan WTO yang akan membentuk dunia sebagai satu pasar pada tahun 2025. Dalam jangka yang lebih pendek, selain telah membangun komitmen untuk mewujudkan asia tenggara sebagai pasar bebas pada tahun 2015 (MEA), Indonesia juga berkomitmen dalam perjanjian serupa dengan negara-negara asia pasifik (APEC). Di tengah faktanya pasar bebas yang harus dihadapi, maka kemampuan berdaya saing dan memiliki kemampuan kreatif menghadapi tantangan menjadi satu hal yang sangat penting.dari beberpa alasan diatas yang menjadikan hal penting, sehingga mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam penguasaan bahasa inggris untuk bersaing di masyarakat ekonomi asean dan juga masyarakat internasional secara umum.

Berdasarkan realita tersebut diatas, maka tahun 2017, Prodi PGPAUD bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris ABC dalam pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PGPAUD. Hal ini dilakukan agar mahasiswa lulusan PGPAUD memiliki ketrampilan berbahasa Inggris dengan benar, baik dalam kemampuan listening (mendengar), reading (membaca), speaking (berbicara) dan kemampuan writing (menulis).

kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PGPAUD dilaksanakan dalam 10 kali tatap muka. Mengingat besarnya peserta kegiatan yang mencapai 100 mahasiswa, maka kegiatan ini diletakkan di ruangan yang mampu menampung peserta yang berkapasitas 100 mahasiswa. Di setiap tatap muka dihadiri 1 tutor/fasilisator dan 1 dosen pendamping yang sudah diberi tugas, tutor/fasilisator bertugas memberikan pelatihan sedangkan dosen pendamping bertugas memberikan pengantar tujuan kegiatan yang ingin dicapai, mengawal jalannya kegiatan dan memberikan penugasan. Dari 10 kali tatap muka tersebut maka tema kegiatannya adalah sebagai berikut: 1) English Achievement Motivation Training I & II, 2) Introduction to Speaking: Academic speaking and conversation;  3) Practice on Academic Speaking, 4) Practice on Conversation, 5) Introduction to Writing: Paragraf Writing, 6) Grammar in Writing, 7) Practice on Writing,  8) Review of Writing, dan 9) Speaking Practice in Writing Product.

Deskripsi dari tiap materi yang diberikan dalam pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PGPAUD adalah sebagai berikut:

1)  English Achievement Motivation Training I & II. Dalam materi ini mahasiswa diberi gambaran pentingnya penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia. Motivasi juga diberikan mengingat banyaknya lembaga, instansi atau perusahaan yang mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris aktif maupun pasif kepada pelamar kerja. Mahasiswa juga diberikan gambaran metode pembelajaran berbahasa Inggris yang mensyaratkan banyaknya praktik dan latihan baik listening, speaking, reading maupun writing agar terbiasa dan semakin menambah kosa kata. Mahasiswa diminta untuk aktif

2)  Introduction to Speaking: Academic speaking and conversation. Speaking (berbicara) merupakan satu aspek penting dalam membangun komunikasi dalam berbahasa Inggris. Adanya perbedaan pelafalan (pronausetion) huruf maupun kata antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia mengharuskan seseorang yang ingin menguasai Bahasa Inggris harus banyak mengucapkan (speak) kata atau kalimat agar terbiasa dan benar dalam pelafalan. Perbedaan academic speaking dan conversation dalam speaking mengingat perbedaan situasi yang ada, yang mana dalam academic speaking digunakan bahasa yang baku dan sopan, sedangkan dalam conversation sifatnya lebih bebas dan walaupun ada tingkatan sopan atau kurang sopan. Dalam materi ini diberikan gambaran perbedaan-perbedaan dalam Academic speaking and conversation.

3)  Practice on Academic Speaking. Dalam materi ini mahasiswa diajak untuk lebih banyak mengenal dan mempraktikan berbicara dalam situasi academic speaking, mahasiswa dibawa dalam situasi berbicara di lingkungan pendidikan sebagaimana di kelas, ketika bertemu dengan dosen, atau melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris.

4)  Practice on Conversation. Komunikasi interpersonal merupakan hal penting dalam membina hubungan dan membangun jaringan yang dengannya maka diharapkan dapat meningkatkan peran dan karir, hal tersebut tentunya dibangun melalui percakapan (conversation). Dalam materi ini mahasiswa diajak untuk secara langsung mempraktikkan percakapan dalam Bahasa Inggris.

5)  Introduction to Writing: Paragraph Writing. Menulis merupakan aspek penting dan mutlak adanya dalam dunia akademik, dalam materi ini mahasiswa diperkenalkan dengan kemampuan menulis (writing) terutama dalam penulisan artikel (paragraph writing).

6) Grammar in Writing. Tata bahasa yang benar dalam penulisan terutama dalam dunia akademik untuk menghindari bias dalam pemahaman adalah salah satu hal yang penting. Dalam materi ini mahasiswa diberikan materi tata bahasa (grammar) dalam penulisan sehingga dapat mengungkapkan pemikiran secara benar dalam tulisan berbahasa Inggris.

7)  Practice on Writing. Dalam materi ini mahasiswa diajak untuk melakukan praktik penulisan dalam Bahasa Inggris setelah di materi sebelumnya dikenalkan paragraph writing dan grammar. Setelah materi ini diharapkan selanjutnya mahasiswa memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah karya tulisan berbentuk artikel atau review.

8)  Review of Writing. Dalam era teknologi informasi yang sangat berkembang, maka sangat banyak berbagai artikel dan tulisan yang didapatkan oleh seseorang. Kemampuan melakukan review untuk mendapatkan ide pokok dari suatu tulisan merupakan hal yang sangat penting dikuasai seseorang dimana informasi demikian melimpah ruah, sehingga secara efektif mampu mengambil informasi yang penting dan berguna dengan informasi yang tidak penting dan perlu diabaikan.

9)  Speaking Practice in Writing Product. Mengungkapkan sesuatu ide dari suatu produk tulisan merupakan hal yang sangat penting, diantaranya berupa kemampuan untuk mempresentasikan suatu materi. Dalam materi ini mahasiswa diajak untuk mempraktikkan berbicara dalam suatu produk tulisan, berupa sebuah artikel ilmiah. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa PG PAUD  melalui kegiatan English Club yang diselenggarakan bekerja sama dengan Lembaga pelatihan bahasa Inggris L Pro dilakukan kegiatan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap mahasiswa, maka dapat dilaporkan sebagai berikut: hasil evaluasi kemampuan mahasiswa pada kondisi awal sebelum memahami bahasa Inggris, sebagian mahasiswa menunjukkan antusias. Hal ini terlihat dari evaluasi penugasan yang dikerjakan oleh mahasiswa, berupa menterjemahkan artikel ilmiah skripsi. Nilai yang diperoleh oleh sebagian besar  mahasiswa cukup memuaskan, yaitu rata-rata dengan nilai 77. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa meningkat. Antusias mahasiswa juga terlihat selama proses kegiatan pelatihan, hal tersebut di tunjukkan melalui aktivitas mahasiswa yang bannyak bertanya selama kegiatan berlangsung. Hal lain ditunjukkan melalui daftar presensi mahasiswa yang berjumlah 100 selalu hadir dalam setiap pertemuan.

Setelah kegiatan pelatihan  dilaksanakan, maka dilakukan monitoring hasil  kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PG PAUD  Melalui Kegiatan English Club yang Diselenggarakan Bekerja Sama dengan Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris L Pro

Diakhir pelatihan panitia meminta pendapat dari mahasiswa  tentang kesan dan pesan terhadap acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PG PAUD  Melalui Kegiatan English Club yang Diselenggarakan Bekerja Sama dengan Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris L Pro, diketahui mahasiswa  berpendapat bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan mendukung pengembangan diri lulusan saat mereka berada di dunia kerja.. Mahasiswa  juga berpendapat bahwa pemateri dalam menyampaikan materi sudah jelas. Hal lain yang di sampaikan mahasiswa adalah kegiatan  Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PG PAUD  Melalui Kegiatan English Club yang Diselenggarakan Bekerja Sama dengan Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris L Pro bisa dijadikan kegiatan ekstra bagi mahasiswa PG PAUD Unej. Keberlanjutan   kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu kegiatan positif yang bisa dikembangkan melalui organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Golden Age.

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa PG PAUD  Melalui Kegiatan English Club yang Diselenggarakan Bekerja Sama dengan Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris L Pro telah sesui harapan yang diingikan dan berhasil, hal ini terbukti dari kesan dan pesan yang mahasiswa sampaikan di saat akhir acara, agar ada kegiatan serupa bisa menjadi kegiatan rutin yang ada di prodi PG PAUD Unej dan juga hasil dari kegiatan evaluasi yang dilakukan, mahasiswa mendapatkan nilai yang memuaskan.