Kegiatan ini dirancang khusus oleh prodi PG PAUD untuk dapat menjawab tantangan zaman yang akan dihadapi para lulusannya ke depan. Dipercaya dunia kerja yang akan dihadapi akan penuh persaingan, dimana bersamaan dengan diberlakukannya MEA maka warga negara asing pun dapat mencari kerja di Indonesia, atau bahkan membuka bisnis di Indonesia dan juga sebaliknya dengan kita bangsa Indonesia. Dalam rangka Menghadapi MEA prodi PG PAUD FKIP UNEJ merasa perlu membekali para mahasiswa dengan skill kewirausahaan yang akan memperluas peluang bagi para calon lulusan PAUD. Dikarenakan tujuan utamanya adalah membekali mahasiswa dengan skill kewirausahaan, maka kegiatan ini memiliki 2 fokus utama, yaitu: 1) membekali mahasiswa dengan kemampuan memproduksi APE, dan 2)Membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai Pemasaran.

Produksi APE dipilih sebagai salah satu skill yang diberikan kepada calon lulusan PG PAUD FKIP UNEJ karena merupakan produk khas pendidikan, khususnya dalam dunia PAUD. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, APE banyak dibutuhkan dalam proses pembelajaran di PAUD agar pembelajaran semakin menarik bagi siswa usia dini. Di sisi lain APE juga asyik dimainkan di rumah bersama keluarga. Untuk membuat APE yang mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan AUD dibutuhkan pengetahuan mengenai karakteristik AUD, tumbuh kembang AUD, hingga strategi pembelajaran bagi AUD. Semua hal tersebut tentu hanya bisa dipelajari melalui prodi PG PAUD. Dengan kata lain, calon lulusan Prodi PG PAUD memiliki peluang yang besar untuk bisa menjawab tantangan masa depan yang membutuhkan alat permainan berkualitas edukatif bagi generasi usia dininya. Untuk memberikan pengalaman langsung proses pembuatan APE kepada para peserta, prodi PG PAUD mengundang langsung pakar APE kota jember melalui kerjasama PG PAUD FKIP UNEJ dengan IGTKI. Dalam proses Workshop APE ini, setelah pemateri menjelaskan konsep mengenai APE, peserta diajak berkreasi membuat APE melalui bahan- bahan yang telah di sediakan oleh pemateri. Dari workshop ini diperoleh gambaran bahwa mayoritas mahasiswa PG PAUD UNEJ belum berani berpikir kreatif dan out of the box. Hal ini tampak dari konsep APE yang dibuat secara keseluruhan hampir sama dengan yang dicontohkan oleh pemateri. Hal ini menjadi masukan tersendiri bagi prodi untuk lebih menguatkan sisi kreatifitas mahasiswa. Output pertama dari kegiatan Pelatihan kewirausahaan melalui workshop APE ini adalah rancangan APE yang dibuat oleh peserta secara berkelompok. Dari hasil pembuatan rancangan ini akhirnya diperoleh 16 rancangan APE terbaik yang siap di realisasikan. Yang mana proses realisasi APE yang berhasil lolos ini akan dibimbing oleh dosen- Dosen PG PAUD.
Kemampuan wirausaha erat kaitannya dengan kemampuan memasarkan suatu produk. Jiwa wirausaha akan sulit terbangun jika seseorang hanya memahami aspek produksi saja. Hal ini dikarenakan tahap selanjutnya dari berproduksi adalah memasarkan agar produk yang kita buat dapat diminati oleh konsumen. Semakin banyak hasil produksi kita yang sampai pada para konsumen, maka semakin sukses lah kita menjadi seorang wirausaha. Oleh karena itu prodi PG PAUD turut membekali mahasiswanya dengan kemampuan memasarkan disamping kemampuan memproduksi APE. Kemampuan memasarkan ini dipraktekkan dalam pameran APE setelah sebelumnya diberikan pembekalan melalui kegiatan seminar pemasaran. Adapun dalam pameran APE ini, peserta diminta untuk mempresentasikan APE buatannya kepada pengunjung pameran dan melakukan penawaran kepada pengunjung. Kegiatan Pameran sebagai sarana praktik pemasaran terbilang cukup efektif. Dari kegiatan ini telah berhasil terjual 2 APE buatan mahasiswa PG PAUD FKIP UNEJ.
Keberlanjutan
Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya melalui sinergisitas antara prodi dengan HMP, sehingga kebermanfatannya akan selalu dapat dirasakan oleh mahasiswa.