SOP (Standar Operasional Prosedur)

RUANG BACA PROGRAM STUDI PGPAUD

UNIVERSITAS JEMBER

SOP Penggunaan Kartu Ruang Baca

  1. Penggunaan Kartu ruang baca digunakan oleh mahasiswa aktif Program Studi PGPAUD.
  2. Kartu ruang baca digunakan apabila telah terpasang foto dan dilaminating
  3. Kartu ruang baca digunakan oleh pemilik aslinya. (DILARANG meminjam maupun meminjamkan)
  4. Apabila kartu ruang baca hilang wajib mengganti sesuai dengan tarif yang ditentukan.

SOP Pemakaian Ruang Baca

  1. Ruang Baca dibuka pada pukul 07.00 WIB dan istirahat pada pukul 11.30 WIB, buka kembali pukul 12.30-16.00 WIB.
  2. Mahasiswa PGPAUD wajib menyerahkan kartu ruang baca sebelum memasuki ruang baca dan mengisi jurnal absensi ruang baca.
  3. TAS/MAP diletakkan pada tempat yang telah disediakan
  4. Sepatu diletakkan pada tempat sepatu yang telah disediakan.
  5. Dilarang membawa makanan dan minuman selama berada dalam ruang baca.
  6. Penggunaan ruang baca digunakan sesuai dengan kepentingan membaca.

SOP Peminjaman Buku

  1. Mahasiswa wajib melaporkan buku yang ingin dipinjam kepada petugas dan menyerahkan kartu ruang baca.
  2. Mengisi data keperluan peminjaman.
  3. Jangka waktu peminjaman buku 1 hari diluar area gedung 2.
  4. Peminjam buku wajib menjaga buku dengan baik.

SOP Pengembalian Buku

  1. Buku dikembalikan sesuai jangka waktu yang telah diberikan.
  2. Buku terlambat dikembalikan tidak sesuai dengan waktu yang telah diberikan, peminjam di kenakan denda sebesar Rp.20.000/hari.
  3. Buku kembali dengan keadaan baik.
  4. Apabila buku hilang, rusak dan cacat maka yang bersangkutan wajib mengganti buku sesuai ketentuan yang berlaku.
  5. Perpanjang masa peminjaman buku berlaku atau dapat dilakukan jika frekuensi peminat buku tersebut tidak tinggi

Ȫ: Peringatan Jika SOP tidak dilaksanakan maka tidak dapat meminjam buku dan menggunakan ruang baca

Pembina Ruang Baca

Luh Putu Indah Budiyawati, M.Pd.

NIP. 19871211 201504 2 001