Membaca merupakan suatu kegiatan atau cara dalam mengupayakan pembinaan daya nalar. Dengan membaca, seseorang secara tidak langsung sudah mengumpulkan kata demi kata dalam mengaitkan maksud dan arah bacaannya, yang pada akhirnya pembaca dapat menyimpulkan suatu hal dengan nalar yang dimilikinya. Istilah membaca bagi mahasiswa bukan hanya sekedar kegiatan membaca kata-kata ataupun bacaan, namun membaca merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi karena kegiatan ini sering dilakukan mahasiswa untuk menyerap atau mencari informasi mengenai tugas-tugas kuliah atau referensi bahan mata kuliah.

Dengan seringnya kegiatan membaca yang dilakukan oleh mahasiswa terutama untuk mencari bahan sebagai referensi mata kuliah atau tugas kuliah tentunya mahasiswa banyak memerlukan referensi buku. Seringkali mahasiswa memutuskan untuk mencari buku referensi tersebut ke perpustakaan pusat Universitas Jember. Namun dikarenakan buku referensi yang bertema atau membahas tentang PAUD sedikit, tak jarang mahasiswa mengeluh karena susah mencari bahan referensi untuk mata kuliah atau tugas kuliah.

Ruang baca atau perpustakaan sesungguhnya memainkan peranan penting bagi terciptanya budaya membaca bagi mahasiswa. Ruang baca atau perpustakaan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan, dapat memberikan kontribusi penting bagi terbukanya akses informasi, serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Dengan realita sedikitnya referensi buku-buku bertema PAUD yang tersedia di perpustakaan pusat Universitas Jember maka program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Jember berinisiatif untuk mengadakan terbentuknya Ruang Baca bagi mahasiswa program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Ruang Baca ini diadakan guna untuk memfasilitasi seluruh mahasiswa dalam mencari buku referensi mata kuliah atau tugas kuliah.

Ruang Baca program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ini akan memiliki koleksi buku-buku tentang PAUD yang akan menjadi penunjang mahasiswa dalam mencari bahan referensi mata kuliah. Dengan adanya Ruang Baca ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki lebih banyak bahan referensi untuk mata kuliah yang di tempuh. Tujuan lainnya dari Ruang Baca sendiri adalah memberikan layanan atau fasilitas informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.