Gerak dan lagu merupakan salah satu pendekatan dalam menyajikan proses pembelajaran pada anak usia pra sekolah maupun usia sekolah dasar. Menyajikan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak akan memotivasi anak untuk lebih senang mengikuti proses pembelajaran di sekolah. oleh karena itu, prodi PG PAUD mengapresiasikan hal tersebut dengan mengadakan kegiatan Lomba Karya Cipta Gerak & Lagu Anak.

Kegiatan Lomba karya cipta gerak dan lagu anak se-jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jember ini merupakan program kerja yang perdana dilaksanakan pada tahun 2018. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam hal menciptakan gerak dan lagu khususnya untuk anak usia dini. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa se-jurusan ilmu pendidikan yaitu oleh program studi PG PAUD, Pendidikan Luar Sekolah, dan PGSD yang memiliki ranah dalam pendidikan anak usia dini perlu untuk mengasah keterampilan dan kreativitas dalam menciptakan gerak dan lagu untuk anak. Dengan harapan ketika mahasiswa terjun di dunia kerja, mahasiswa tidak hanya mampu mengajar saja, tetapi mahasiswa juga mempunyai sebuah keterampilan yang sesuai dengan bidangnya untuk mampu menghasilkan sesuatu yang baru yang tentunya akan memiliki dampak positif bagi perkembangan pendidikan anak usia pra sekolah maupun anak usia sekolah dasar.

Lomba karya cipta gerak dan lagu anak se-jurusan Ilmu pendidikan FKIP Universitas Jember ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Oktober 2018 yang bertempat di Aula Gedung Mas Soerachman Universitas Jember. Juri dalam kegiatan lomba gerak dan lagu ini adalah Ibu Endang Suprihatin,S.E., M.Pd., dan Ibu Nurul Puji Avini, S.Pd.