APE merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar anak-anak usia dini agar mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif, moral agama dan seni. Serangkaian kegiatan Workshop dan Lomba APE brtujuan untuk: (1) Menambah pengetahuan mengenai alat permainan edukatif (APE); (2) Menambah pengetahuan dan keterampilan untuk memproduksi APE bagi pendidik anak usia dini maupun calon pendidik anak usia dini; (3) Menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk diri pendidik anak usia dini yang memiliki sikap positif, kreatif dan inovatif; (4) Menambah pengetahuan tentang pemasaran APE bagi pendidik anak usia dini maupun calon pendidik anak usia dini.

Berdasarkan hal tersebut perlu diadakan kegiatan workshop dan lomba APE ini, guna mengembangkan dan mendorong daya kreativitas dan inovasi pendidik anak usia dini dalam pembuatan APE serta mengasah jiwa kewirausahaannya. Kegiatan tersebut meliputi Workshop APE, Seminar Kewirausahaan serta Pameran APE. Kegiatan pertama adalah Workshop APE  yang dilaksanakan dua kali yaitu  di Aula Soerachman Universitas Jember (Selasa, 14/8/18) dengan pemateri  dari Bojonegoro yaitu rumah kresasi Rubiyar yang akrab di panggil dengan Kak Rubi. Kemudian dilanjutkan (Rabu, 25/8/2018) dengan mendatangkan 2 pemateri yang tak kalah menarik, yaitu H.M.I.K Ketut Sugama (pak ketut pelukis cilik) kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua oleh perwakilan dari IGTKI Kabupaten Jember yang dihadiri oleh Bapak Muhriyadi dan Ibu Unshita Rini. Rangkaian kegiatan kedua adalah Seminar Kewirausahaan (Senin. 20/8/2018). Seminar Kewirausahaan ini mendatangkan pemateri dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yakni Drs. Markus Apriono, M.M dan Ibu Cempaka Paramita, S. E, M.Sc.

Kegiatan terakhir ditutup dengan Pameran APE yang diselenggarakan di Aula Gedung 2 FKIP Universitas Jember. Pameran APE ini menunjukkan hasil karya yang dihasilkan oleh mahasiswa PG PAUD, dimana kegiatan tersebut dihadiri oleh sekolah PAUD sewilayah Jember. Pada kegiatan Pameran APE disediakan pula pojok parenting untuk orang tua yang hendak berkonsultasi mengenai dunia anak.